Hari Pelanggan Nasional 2024 menjadi momen untuk perusahaan di Indonesia menunjukkan apresiasi mereka kepada para pelanggan. Diperingati setiap tanggal 4 September, Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) bukan hanya sekadar hari untuk memberikan diskon atau penawaran spesial, tetapi juga sebagai bentuk penghormatan kepada pelanggan yang telah menjadi bagian penting dari kesuksesan perusahaan.
Di tahun 2024 ini, peringatan Hari Pelanggan Nasional kembali hadir dengan tema yang relevan dengan perkembangan teknologi dan perubahan perilaku konsumen. Tema ini sejalan dengan komitmen Indibiz by Telkom Indonesia sebagai ekosistem solusi digital agar bisnis Anda makin eksis di Harpelnas nanti.
Menurut laman resmi Hari Pelanggan Nasional, peringatan Harpelnas pertama kali dicetuskan di era pemerintahan Presiden Megawati Soekarno Putri, tepatnya tahun 2003. Penggagasnya ialah Handi Irawan D, CEO Frontier Group.
Gagasan ini muncul dari kesadaran bahwa pelanggan memiliki peran yang sangat krusial dalam kelangsungan bisnis. Tanpa pelanggan, perusahaan tidak akan bisa bertahan, berkembang, apalagi mencapai kesuksesan jangka panjang.
Ide Hari Pelanggan Nasional mendapat sambutan meriah dari banyak pihak, mulai dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sampai pemerintah dan perusahaan swasta. Bahkan acara peresmiannya pun dihadiri oleh ratusan jajaran direktur utama BUMN dan perusahan lainnya. Sedangkan perusahaan yang turut memeriahkan Harpelnas mencapai 500 perusahaan.
Hari Pelanggan Nasional dihadirkan sebagai upaya perusahaan untuk lebih memahami pelanggannya. Ini penting karena tak sedikit perusahaan yang masih kesulitan dalam memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan. Bahkan sering kali mereka menempatkan diri di atas pelanggan dalam hierarki bisnis.
Harapan pelanggan terus meningkat seiring waktu. Faktanya tidak ada pelanggan yang sepenuhnya puas dengan produk atau layanan yang diberikan oleh perusahaan. Karena itulah selalu ada ruang untuk perbaikan di mana perusahaan ditantang agar terus mencari nilai-nilai yang paling berarti bagi pelanggannya.
Sederhananya, Hari Pelanggan Nasional dilaksanakan untuk mendorong perusahaan agar terus berupaya maksimal dalam memberikan kepuasan pelanggan. Selain itu, Harpelnas juga dirayakan demi menciptakan ekosistem di mana pelanggan menjadi lebih loyal, perusahaan semakin berkembang, dan pada akhirnya, negara juga ikut maju.
Harpelnas memiliki tema yang berbeda setiap tahunnya. Untuk Hari Pelanggan Nasional 2024, tema yang diusung adalah “AI Membuat Pelayanan Pelanggan Lebih Responsif dan Personal.” Melansir dari akun Instagram resmi Harpelnas, tema tersebut dipilih dengan mempertimbangkan kemampuan Artificial Intelligence (AI) untuk melayani pelanggan.
Kesimpulannya, perusahaan akan mampu mengoptimalkan pelayanan pelanggan melalui inovasi AI dan menggabungkannya dengan kehangatan pelayanan manusia.
Adapun implementasi Artificial Intelligence (AI) dalam meningkatkan pelayanan pelanggan sesuai tema Hari Pelanggan Nasional 2024 yaitu:
Dalam rangka menyukseskan tema Hari Pelanggan Nasional 2024, salah satu langkah strategis yang dapat diambil oleh perusahaan adalah dengan memanfaatkan ekosistem solusi bisnis digital seperti yang ditawarkan oleh Indibiz by Telkom Indonesia.
Indibiz by Telkom Indonesia hadir sebagai solusi inovatif untuk memenuhi kebutuhan akses internet dengan dukungan konektivitas yang handal bagi pengembangan bisnis di era modern dan digital saat ini.
Tujuan dari Indibiz adalah untuk mendukung pertumbuhan bisnis, dengan menyediakan berbagai solusi digital yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk menciptakan lebih banyak peluang bisnis.
Dengan biaya berlangganan yang terjangkau, Anda dapat memanfaatkan berbagai solusi digitalisasi bisnis dari Indibiz. Antara lain:
Merupakan solusi jaringan koneksi internet yang menghubungkan bisnis Anda dengan dunia digital secara cepat, stabil, dan efisien. Solusi ini menghadirkan enam produk digital, salah satunya adalah HSI B2B Bisnis Unlimited, yaitu koneksi internet cepat tanpa batas FUP dengan biaya berlangganan mulai dari Rp300ribu-an saja per bulan.
Solusi kebutuhan digital untuk manajemen bisnis yang inovatif dan terintegrasi serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Mulai dari platform digital untuk mempermudah manajemen properti dan sekolah sampai perangkat keamanan untuk memantau lokasi bisnis Anda. Solusi ini dapat Anda peroleh dengan biaya berlangganan Rp40ribu-an/per bulan saja.
Kumpulan produk digital pilihan untuk membantu membangun serta meningkatkan visibilitas brand dengan efektif melalui pinjaman modal usaha dengan proses yang mudah dan cepat.
Produk yang dapat memafisilitasi pengembangan keterampilan dan meningkatkan produktivitas melalui pelatihan bisnis online dan offline.
Produk yang dapat merangsang inovasi dan mengoptimalkan kinerja bisnis dalam era teknologi yang terus berkembang. Terdapat enam produk yang dapat memudahkan pemasaran Anda.
Di antaranya chatbot untuk meningkatkan layanan komunikasi dengan pelanggan sampai analisis bisnis untuk memaksimalkan peluang usaha Anda. Solusi digital ini dapat Anda nikmati dengan biaya berlangganan Rp100ribu-an saja per bulan.
Untuk informasi selengkapnya tentang berbagai ekosistem solusi digital usaha dari Indibiz plus penawaran spesial yang sayang untuk dilewatkan, kunjungi website Sales resmi Indibiz atau bertanya langsung melalui di platform media sosial @indibiz.id dan @indibizcare.
Hubungi kami sekarang dan nikmati manfaat eksklusif untuk mengoptimalkan bisnis Anda!
©2024 PT Telkom Indonesia Tbk. All right reserved.
www.indibiz.co.id