UMKM tidak hanya berupa sebuah usaha yang dilakukan seseorang semat. Jika diteliti lebih mendalam UMKM memiliki peran yang amat penting bagi perekonomian negara. UMKM menyumbang pada penciptaan lapangan kerja, peningkatan pendapatan masyarakat, dan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.
Itu sebabnya pemberdayaan UMKM menjadi salah satu fokus utama bagi pemerintah dan berbagai lembaga untuk memastikan keberlanjutan dan perkembangan katalis perekonomian nasional ini. Lantas apa saja tujuan pemerintah, khususnya di Indonesia, dalam memberdayakan UMKM?
Salah satu tujuan usaha pemberdayaan UMKM adalah meningkatkan akses terhadap sumber daya, termasuk modal, bahan baku, teknologi, dan informasi. Dengan akses yang lebih baik, pelaku UMKM dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional mereka.
Pemberdayaan UMKM juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan para pelaku usaha. Melalui pelatihan dan pendidikan, mereka dapat mengembangkan kemampuan manajemen, pemasaran, dan inovasi produk yang lebih baik.
Inovasi merupakan kunci untuk menjaga daya saing UMKM di pasar yang semakin kompetitif. Dengan adanya usaha pemberdayaan UMKM, para pelaku UMKM terdorong untuk menghadirkan inovasi dalam produk, proses produksi, dan model bisnis. Dengan demikian, UMKM dapat bersaing dengan perusahaan besar dan tetap relevan di pasar.
Tujuan usaha pemberdayaan UMKM lainnya adalah memperluas jaringan dan pasar. Melalui perluasan jaringan bisnis dan akses ke pasar yang lebih luas, UMKM dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan mereka.
Pemberdayaan UMKM juga memiliki tujuan sosial, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan memberdayakan UMKM, lapangan kerja akan tercipta, pendapatan masyarakat akan meningkat, dan pada akhirnya, kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan akan membaik.
Tujuan usaha pemberdayaan UMKM di atas dapat dijalankan dengan strategi pemberdayaan yang tepat. Salah satu strateginya adalah pelatihan dan pendidikan. Ini merupakan strategi kunci yang berfokus pada pengembangan keterampilan manajerial, pemasaran, dan inovasi produk.
Lewat pelatihan dan pendidikan tersebut, pelaku UMKM dapat meningkatkan kapasitas mereka sekaligus menumbuhkan minat dan kemampuan berwirausaha di tengah generasi muda.
Indibiz adalah ekosistem solusi digital dunia usaha dari Telkom Indonesia yang membantu pebisnis menciptakan peluang dan mewujudkan harapannya. Ekosistem yang dihadirkan Indibiz terdiri dari empat pilar strategis untuk memberikan ragam solusi digital bagi para pelaku usaha, termasuk UMKM.
Pilar pertama adalah solusi platform dan layanan digital. Pilar kedua, kolaborasi dengan startup dan para developer yang fokus untuk solusi kemajuan usaha
Pilar ketiga yaitu kolaborasi solusi pembiayaan dengan lembaga keuangan. Terakhir, pilar keempat meliputi kolaborasi bersama komunitas dunia usaha untuk meningkatkan produktivitas bisnis.
Indibiz by Telkom menawarkan beragam layanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya karena hadir dengan berbagai layanan. Salah satunya Indibiz Pelatihan.
Melalui Indibiz Pelatihan, pelaku UMKM akan memperoleh ilmu dan wawasan terbaru seputar bisnis dari ragam sumber pembelajaran yang relevan. Selain materi pembelajaran selalu diperbarui, Indibiz Pelatihan juga menghadirkan:
Melalui Indibiz Pelatihan, usaha pemberdayaan UMKM semakin mudah dilakukan untuk meningkatkan wawasan serta kompetensi para pelaku usaha di tengah persaingan yang ketat.
Untuk informasi selengkapnya tentang Indibiz Pelatihan serta berbagai ekosistem solusi digital usaha dari Indibiz plus penawaran spesial yang sayang untuk dilewatkan, kunjungi website Sales resmi Indibiz atau bertanya langsung melalui di platform media sosial @indibiz.id dan @indibizcare.
Hubungi kami sekarang dan nikmati manfaat eksklusif untuk mengoptimalkan bisnis Anda!
©2024 PT Telkom Indonesia Tbk. All right reserved.
www.indibiz.co.id